Spiga

Ahsanul Minan : Aktifis LSM dan Partai Politik

Ahsanul Minan adalah salah satu alumni MAPK angkatan pertama (lulus tahun 1993). Pria kelahiran Tuban ini termasuk salah satu sosok yang cukup sukses di usia yang masih muda. Berbagai aktivitas sosial dan politik ia geluti.
Ketika menuntut ilmu di MAPK Surakarta Ahsanul Minan pernah mengalami masa-masa yang menyedihkan. Ayah tercintanya meninggal dunia ketika ia duduk di kelas 1. Namun demikian hal ini tidak membuatnya patah semangat untuk menuntut ilmu di kota bengawan ini.
Setelah lulus dari MAPK Surakarta, sosok yang mempersunting gadis Sukoharjo ini melanjutkan studi di Fakultas Syari'ah STAIN Surakarta. Di masa-masa mahasiswa inilah ia mengenal dunia aktivis. Ia aktif di organisasi intra maupun ekstra. PMII menjadi labuhan hatinya pada waktu itu untuk mengasah diri di bidang organisasi dan pergerakan.
Setelah lulus S1 sosok yang memiliki pemikiran kritis ini aktif "INRES" ("Institute for Research and Empowering Society"), sebuah LSM yang bergerak di bidang advokasi pemberdayaan sosial yang berkedudukan di Surakarta. Ia juga membidangi pendirian LSM ini pada tahun 1997. Dengan bendera INRES Ahsanul Minan kerap kali mengikuti forum-forum international.
Selain aktif di INRES Ahsanul Minan merupakan anggota PANWASLU Wilayah Jawa Tengah. Ia menjabat koordinator bidang pengawasan pelanggaran-pelanggaran dalam PEMILU. Ia Juga salah satu tokoh Gerakan Pemuda Kebangkitan Bangsa. Sebuah ormas underbow Partai Kebangkitan Bangsa.Selain itu ia alumnus MAPK yang pernah mengikuti seminar International Academy for Leadership di Jerman ini juga menjabat sebagai staf Ahli Fraksi PKB di DPR RI.

0 komentar: