Spiga

Iwan Kuswidi : Dosen Matematika, Ahli Hisab Ru'yat


Iwan Kuswidi adalah alumnus MAPK Surakarta tamatan tahun 1998. Pria kelahiran Sumber Lawang Sragen ini, saat ini adalah seorang dosen matematika dan ilmu falaq di Fakultas Saintek UIN Yogakarta. Selain sebagai pengajar di Perguruan Tinggi Islam Negeri tertua di Indonesia ini, Iwan Kuswidi menjabat sebagai Ketua HRRC (hisab-rukyat research center).

Sebelum mengenyam pendidikan di MAPK Surakarta ( 1995-1997) anak dari Bapak Kusojin dan Ibu Tarsilah ini menempuh pendidikan dasarnya di Madrasah Ibtidaiyah Hadiluwih Sumberlawang dan kemudian melanjutkan di MTs Negeri Sumberlawang. Setelah lulus dari MAPK Surkarta, alumnus yang sekarang tinggal di Jl. Nogodewo 126, Ambarukmo, Catur Tunggal Sleman ini, melanjutkan studi jenjang S1 di Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan lulus pada tahun 2003 dengan predikat cumlaude.Kemudian ia melanjutkan pendidikan S2 di bidang metematika murni pasca sarjana UGM.

Ketika diterpa dalam pendidikan di MAPK, Iwan kuswidi sebenarnya bukan termasuk siswa yang menonjol dari segi prestasi akademiknya. Namun demikian, MAPK tetap menjadi sekolah yang paling berkesan sepanjang perjalannan pendidikannya. Baginya MAPK telah berperan besar dalam pembentukan karakternya. MAPK telah membuka baginya wacana yang lebih luas, menurunkan ego, melatih berfikir kritis dan menghargai keragaman dan perbedaan pendapat. Meskipun selalu mendapat rangking bawah, baginya persaingan ketat dalam merebut rangking di MAPK telah memberinya bekal untuk terus belajar dan berjuang pada pendidikan lanjut.

Selain itu, bekal bahasa Arab dan Inggris yang diperolehnya di MAPK, bagi alumnus yang mengawali karier dosennya dengan menjadi dosen honorer ini, sangat membantu ketika ia menjadi mahasiwa dan dosen.

Menurutnya tranfer ilmu dan pendidikan di MAPK sangat efektif karena didukung oleh para asaatidz yang tawadhu' dan ikhlas. Ia juga memiliki pengalaman dihukum di MAPK, (ngaji 30juz tanpa berhenti, ngaji 10juz sambil berdiri, push-up berkali2, berdiri di depan kelas hingga bel bunyi, dan bersih2 wc.

4 komentar:

  dzikri

18 Juli 2009 pukul 01.26

Makasih.

  Mohammad Zakariya Madura

1 November 2009 pukul 07.46

emang hampir seratus persen alumni mapk/mak apek-2, salam dari alumni pk jember seniornya p.muhammad kediri. thank

  nurul wahyu hidayati

16 Desember 2009 pukul 01.50

sukses terus nam 1 surakarta saya juga alumni man....

  Unknown

21 Januari 2013 pukul 23.36

salam sukses buat Ustdz Iwan Kuswidi, mohon do'anya smg sy jg bs menyelesaikan pasca matematika dengan baik dn mumtaz. amin amin
Lukman